Indahnya Berbagi, Idul Adha 1442 H di SMP Negeri 1 Trangkil - SMP N 1 Trangkil

Rabu, 21 Juli 2021

Indahnya Berbagi, Idul Adha 1442 H di SMP Negeri 1 Trangkil

 


smpn1trangkil.sch.id – Hari Raya Idul Adha menjadi hari yang paling ditunggu oleh umat Islam selain Hari Raya Idul Fitri. Pada hari tersebut, umat Islam akan melaksanakan ibadah sholat id dan juga ibadah kurban.

Ibadah kurban ini merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim yang mampu melaksanakannya. Ibadah kurban juga menjadi cara kita dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga sebagai bentuk ketaatan kita terhadap perintah-Nya.

 

Allah SWT memerintahkan ibadah kurban ini langsung melalui firman-Nya yakni di dalam surah Al Kautsar ayat 2 yang artinya, “Maka laksanakanlah salat kepada Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Rabu (21/7) Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Trangkil ikut merayakan idul adha dengan berqurban 2 ekor sapi. Momen idul adha tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu hewan qurban disembelih langsung di sekolah, namun tahun ini berbeda. Hewan qurban disembelih di tempat penyembelihan dan dibersihkan disana, barulah daging dan tulang yang sudah bersih dibawa ke sekolah untuk di-packing dan selanjutnya dibagikan kepada guru dan karyawan serta tak lupa kepada warga sekitar sekolah. 

Ya, momen idul adha yang biasanya rame dengan gelak tawa saat menguliti daging qurban, riuhnya saat memotong daging dan tulang, serta membahananya bau daging qurban saat dipotong, terlewati untuk dinikmati tahun ini. Namun hakikat idul adha yang sesungguhnya, yakni berqurban dan berbagi dengan sesama tak kami lewati. 

Alhamdulillah, atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kami. Semoga di tahun-tahun berikutnya lebih banyak lagi yang berqurban sehingga lebih banyak lagi untuk berbagi. Aamiin.

Maka laksanakanlah salat kepada Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)~(QS: Al Kautsar: 2) 
Packing Hewan Qurban di Sekolah oleh Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Trangkil

Tebarkan kebaikan dengan berbagi kepada sesama. Karena dalam berbagi ada keindahan yang tak terungkap dalam kata. Salam hangat untuk semua keluarga besar Spensatra. 

Terima kasih yang tak terkira untuk Bapak/Ibu Guru yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk merayakan idul adha tahun ini. 

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :