SMP N 1 Trangkil 3 Tahun Gunakan Plakat Kelulusan Hasil Upcycling Perca Mebel Kayu - SMP N 1 Trangkil

Selasa, 06 Juni 2023

SMP N 1 Trangkil 3 Tahun Gunakan Plakat Kelulusan Hasil Upcycling Perca Mebel Kayu



smpn1trangkil.sch.id - Sebagai wujud komitmen upaya menjadi sekolah Adiwiyata seutuhnya, SMP N 1 Trangkil sejak tahun 2021 menggunakan plakat wisuda kelulusan hasil upcycling perca kayu jati dari mebel.

Program ini terlaksana hasil kerjasama Spensatra dengan Loetju.com percetakan di Semarang, menggandeng pengrajin plakat di Desa Tegalharjo Trangkil Pati dengan memanfaatkan perca potongan kayu jati dari industri mebel yang bayak di sekitar Trangkil.

"Dari sisi bahan, perca kayu jati ini tua, kuat dan bagus, hanya karena potongannya kecil jadi tidak termanfaatkan dengan baik. Selama ini hanya jadi kayu bakar dengan nilai ekonomi rendah, dengan menjadikannya kerajinan plakat nilai ekonomi dan estetiknya jadi naik" ujar Nandar owner pecertakan Loetju.com

Dari sisi sekolah pertimbangan memutuskan menggunakan plakat kayu hasil upcycling perca kayu jati selain harganya yang terjangkau, unik dan kreatif juga pertimbangan misi lingkungannya.

"Iya kami pilih kayu hasil upcycling juga mempertimbangkan bahwa produk ini bisa menjadi wujud nyata memanfaatkan hasil kayu jati hingga potongan terkecilnya, karena kita tahu untuk bisa digunakan kayu jati butuh waktu setidaknya 10-15 tahun, sayang kalau banyak bagiannya terbuang atau jadi kayu bakar" tambah ibu Susmiati selaku penanggung jawab souvenir kelulusan.

Kita tahu, selain reduce atau mengurangi, reuse kita kenal sebagai menggunakan kembali, recycle mendaur ulang juga upcycling atau menaikan nilai tambah.

Mengutip laman Campusnesia.co.id Upcycling lebih punya makna yang positif, secara sederhana ia bermakna menaikan nilai tambah atau value baik estetik maupun ekonomis.

Sebagai contoh sama-sama sampah botol plastik, jika pada downcycling dijadikan bijih plastik pada konsep upcycling bisa dijadikan kerajinan lampu hias misalnya.

Demikian tadi sobat spensatra postingan kita kali ini tentang SMP N 1 Trangkil 3 Tahun Gunakan Plakat Kelulusan Hasil Upcycling Perca Mebel Kayu semoga bermanfaat sampai jumpa.

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :