Perjalanan Studi Lingkungan dan Budaya SMP Negeri 1 Trangkil ke Bali Berjalan Lancar - SMP N 1 Trangkil

Selasa, 17 Januari 2023

Perjalanan Studi Lingkungan dan Budaya SMP Negeri 1 Trangkil ke Bali Berjalan Lancar

Perjalanan Studi Lingkungan dan Budaya SMP Negeri 1 Trangkil ke Bali Berjalan Lancar

(Museum Bajra Sandhi, 2023)

smpn1trangkil.sch.id – SMP Negeri 1 Trangkil telah melaksanakan studi lingkungan dan budaya ke Bali selama 5 hari, yakni Jumat, 13 Januari 2023 s.d. Selasa, 17 Januari 2023. Pelaksanaan studi lingkungan dan budaya ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Trangkil. Kota tujuan dipilih secara demokratis oleh siswa melalui angket. Terpilihlah kota tujuan yakni Bali. Perjalanan dimulai hari Jumat pagi dari titik keberangkatan yakni SMP Negeri 1 Trangkil bersama agen perjalanan Arina Tour and Travel. Selama sekitar 15 jam perjalanan darat menggunakan bus, kami sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi untuk kemudian melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

(Seraya Budaya, 2023)

Selanjutnya selama satu jam perjalanan laut menggunakan kapal penyeberangan, sampailah kami di Bali sekitar pukul 00.00 WITA. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Tanah Lot. Di sana kami dapat melihat peribadatan orang Bali di Pura Tanah Lot bertepatan dengan hari raya Kuningan. Hari Raya Kuningan adalah hari raya suci yang diperingati umat Hindu untuk memohon keselamatan, perlindungan, dan tuntunan lahir batin kepada Dewa, Bhatara, dan para Pitara. Setelah dari Tanah Lot, tujuan berikutnya yakni menyaksikan Tari Barong. Tari Barong menceritakan tentang pertarungan antara Barong dan Rangda. Dalam tarian ini, Barong melambangkan kebaikan dimana penari menggunakan kostum binatang berkaki empat dan keburukan yang dilambangkan dengan Rangda, yaitu sosok menyeramkan dengan dua taring runcing mulutnya.

(Tanah Lot, 2023)

(Desa Penglipuran, 2023)

Kegiatan studi lingkungan dan budaya hari pertama diakhiri di Desa Penglipuran. Penglipuran adalah salah satu desa adat dari Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Desa ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bali karena masyarakatnya yang masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional Bali dalam kehidupan mereka sehari-hari dan dinobatkan sebagai desa terbersih ketiga di Asia Tenggara. Disana kami juga melihat Bale Panjang, yakni tempat menyimpan mayat sebelum dilakukan upacara pembakaran.

(Pantai Pandawa, 2023)

(Pantai Kuta, 2023)

Hari kedua di Bali, kami melanjutkan perjalanan studi lingkungan dan budaya ke pusat oleh-oleh Jogger, pantai Pandawa dan pantai Kuta. Dan hari ketiga, kami mendatangi Museum Bajra Sandhi untuk belajar tentang perjuangan rakyat Bali dalam melawan penjajah. Tempat dibangunnya monumen ini berada di Denpasar, tepatnya di daerah Renon. Setelah dari monumen tersebut, kami menutup perjalanan studi lingkungan dan budaya menuju ke Bedugul. Bedugul adalah sebuah kawasan wisata dengan danau dan gunung di Bali, Indonesia, terletak di bagian tengah pulau di dekat Danau Bratan antara Denpasar dan Singaraja.

Perjalanan studi lingkungan dan budaya siswa-siswi kelas VIII, alhamdulillah terlaksana dengan lancar. Kami pun kembali ke sekolah dengan selamat.


Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :