Materi Geografi Sumber Daya Alam Indonesia SMP N 1 Trangkil - SMP N 1 Trangkil

Selasa, 06 April 2021

Materi Geografi Sumber Daya Alam Indonesia SMP N 1 Trangkil

 


smpn1trangkil.sch.id - Kalian tau gak sih kenapa kita perlu mempelajari sumber daya alam? Yap, agar kita sebagai manusia bisa mengetahui cara mengelola, menjaga, dan melestarikan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. 
 
Terlebih sumber daya alam di Indonesia, tempat kita tinggal, tentunya sebagaimana kalian menjaga kamar kalian atau rumah kalian agar menjadi tempat yang layak untuk kalian tinggali kan?

Nah, pada artikel ini kita bakal bahas mengenai sumber daya alam di indonesia termasuk macam-macam sumber daya alam, sebaran sumber daya alam indonesia baik di wilayah perairan maupun daratan, serta prinsip ekoefisiensi dan juga prinsip pembangunan berkelanjutan. 
 
Selain karna pengetahuan akan sumber daya alam itu sendiri penting untuk kita ketahui, materi ini juga akan kalian temui di mata pelajaran geografi kelas 10. Yuk sekarang kita bahas satu per satu mengenai sumber daya alam indonesia. 
 
Pengertian Sumber Daya Alam

Bentang alam yang ada dimuka bumi ini memiliki karakteristik yang sangat beragam, dari segala bentuk bentangan alam dimuka bumi ini, dan salah satu komponennya adalah sumber daya alam (SDA).

Kata “sumber daya” sendiri merupakan nilai potensi suatu materi dalam kehidupan, yang berarti jika sumber daya alam berarti nilai potensi suatu materi dalam kehidupan yang berasal dari alam. Atau dapat didefinisikan juga sebagai nilai kekayaan yang terdapat di alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam atau SDA sendiri dikelompokkan menjadi berbagai macam berdasarkan sifat, jenis, dan juga kegunaannya.

Berdasarkan sifat

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi

1. Sumber Daya Alam yang terbarukan, yang berarti sumber daya ini dapat diperbaharui dan dibudidayakan, sehingga tidak terbatas, contohnya flora dan fauna.

2. Sumber daya alam yang tidak terbarukan, yang berarti sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui, dibentuk sangat lambat, dan cadangan terbatas, misalnya minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan bakar lainnya. 

3. Sumber daya alam yang selalu tersedia, jadi sumber daya alam ini akan selalu ada dalam kehidupan, misalnya udara, sinar matahari.

Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi

1. Sumber daya alam hayati, sumber daya yang berasal dari makhluk hidup contohnya tumbuhan hewan dan berbagai mikroorganisme.

2. Sumber daya alam non hayati, sumber daya alam yang bukan dari mahluk hidup atau benda tidak hidup contohya tanah, udara, air,  bahan tambang.

Berdasarkan kegunaannya

Berdasarkan kegunaannya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi

1. Sumber daya alam penghasil bahan baku, yaitu benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan nilai gunanya lebih tinggi, misalnya flora dan fauna yang diolah lagi menjadi bahan makanan, dan sebagainya. 

2. Sumber daya alam penghasil energi, yang berhubungan dengan tenaga. contohnya sinar matahari untuk energi manusia, udara untuk bernafas, air dan bahan tambang untuk pembangkit listrik.

Sebaran Sumber Daya Alam (SDA) Perairan


Kita telah mengetahui ada berbagai jenis sumber daya alam, yang tersebar di banyak tempat, sekarang kita bakal bahas sumber daya alam yang ada di wilayah perairan terlebih dulu. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara maritim dimana sebagian besarnya adalah laut.

1. Perikanan, biasanya adanya perikanan ini dipengaruhi oleh suhu, dan juga kedalaman laut. Selain itu Kedalaman laut, ikan banyak berkumpul di laut dangkal.

2. Kekayaan pesisir, yang berada 12 mil dari garis pantai, dimana proses sumber dayanya masih dipengaruhi oleh daratan, contohnya terumbu karang, mangrove.

3. Padang lamun, yaitu tumbuhan monokotil yang ada di laut dangkal, yang muncul di permukaan laut tapi dasarnya tertutup laut.

4. Pariwisata atau Panorama Indah di pantai, hal ini biasanya dikembangkan sebagai pariwisata pantai atau biasa dinamakan wisata bahari. 
 
5.Energi dan pertambangan, dalam hal energi air laut bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yaitu pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), dalam hal pertambangan, seperti mineral, gas bumi, terdapat pada di bawah laut. Seperti minyak bumi dan gas alam yang terdapat pada endapan cekungan tersier, dan juga menjadi penghasil garam.  
 
Sumber: Zenius.net

 

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :